Selasa, 18 Desember 2007

PERHITUNGAN DAN ANALISA KELIMPAHAN

PERALATAN YANG DIGUNAKAN DALAM PERHITUNGAN SAMPEL
1. Haemocytometer. (Omori dan Ikeda, 1992.

Pengamatan dengan alat ini ditujukan bagi phytoplankton atau plankton mikroskopik, pada mikroskop dengan perbesaran 100 x. Biasa digunakan untuk perhitungan (counting)Fitoplankton dengan ukuran < 10 µm.

2. Sedgwick-Rafter ( Omori dan Ikeda, 1992 ).

Pengamatan dengan alat ini ditujukan bagi Mikrozooplankton dan Fitoplankton dengan menggunakan mikroskop binokuler perbesaran 100 x.

3. Bolgorov (Omori dan Ikeda, 1992 ).

Pengamatan dengan alat ini ditujukan bagi zooplankton dengan menggunakan mikroskop binokuler perbesaran 40 x.

Hasil identifikasi terhadap jenis dan kelimpahan plankton yang telah diperoleh disusun kedalam tabel dengan contoh berikut

Species/Genus Tanggal Tanggal Tanggal
1.
2.
3.

Pada kolom tanggal, bisa diganti dengan Stasiun atau Jam atau Ulangan. Berdasarkan tabel tersebut maka selanjutnya dapat dilakukan analisa data dengan berbagai formula.

Kelimpahan Fitoplankton & Zooplankton (Arinardi, 1976)

K = n x 1/f x 1/v
Dimana :
K = Nilai kelimpahan plankton (ind/liter; sel/liter)
n = Jumlah jenis plankton hasil pencacahan (ind ; sel)
f = fraksi yang dipergunakan
v = volume air tersaring (liter)

Berdasarkan data kelimpahan, maka dapat diolah untuk mengetahui struktur komunitas fitoplankton dan zooplankton.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

selamat malam ibu widianingsih, saya theissen mahasiswa ilmu kelautan unpad, saya sedang penelitian mengenai dinamika zooplankton dan hubungannya dengan struktur komunitas fitoplankton. ada beberapa hal yang ini saya tanyakan mengenai dinamika dan struktur komunitas, jika berkenan ingin sekali berbicara langsung.berikut nomor kontak saya 082127559988, dan alamat email saya theissen.khadafi@gmail.com. jika ada referensi mengenai penelitian saya maupun saran, akan sangat membantu sekali. terima kasih

Unknown mengatakan...

selamat malam ibu widianingsih, saya theissen mahasiswa ilmu kelautan unpad, saya sedang penelitian mengenai dinamika zooplankton dan hubungannya dengan struktur komunitas fitoplankton. ada beberapa hal yang ini saya tanyakan mengenai dinamika dan struktur komunitas, jika berkenan ingin sekali berbicara langsung.berikut nomor kontak saya 082127559988, dan alamat email saya theissen.khadafi@gmail.com. jika ada referensi mengenai penelitian saya maupun saran, akan sangat membantu sekali. terima kasih

Unknown mengatakan...

Aslmkm. Ibu saya chandrika eka larasati. Saya mahasiswi kelautan IPb. Saya ingin bertanya bu mengenai penelitian saya yaitu sebaran diatom diperairan. Diantara ketiga metode diatas. Menjrut ibu mana yang paling cocok untuk melihat kelimpahan diatom itu sendiri bu?
Apakah sedgwick rafter cell paling cocok?
Tolong dibalas yah bu.
Terima kasih